INTERFACE
Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan
fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan
sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu
pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua
setelah gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya.
Praktis, semua pengguna komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang
memakai komputer untuk belajar membaca) dapat mengerti tulisan.
Meski pada umumnya panduan interface menyarankan agar
ikon tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen
interface lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat
di sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa
bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang
ikon bisa bersifat universal.
Meskipun penting, namun sayangnya kadang penggunaan
bahasa, seperti pemilihan istilah, sering sekali dianggap kurang begitu
penting. Terlebih dari itu dalam dunia desain situs Web yang serba grafis,
bahasa sering menjadi sesuatu yang nomor dua ketimbang elemen-elemen interface
lainnya.
Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan
fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan
sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu
pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua
setelah gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya.
Praktis, semua pengguna komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang
memakai komputer untuk belajar membaca) dapat mengerti tulisan. Interface ada
dua jenis, yaitu :
Interface
ada dua jenis, yaitu :
Graphical
Interface : Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video)
untuk berinteraksi dengan pengguna.
Text-Based :
Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah.
b. Graphical
Interface
Ada 5 tipe
utama interaksi untuk interaction:
Direct manipulation – pengoperasian secara langsung :
interaksi langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan
memasukkannya ke trash. Contoh: Video games. Kelebihan : Waktu
pembelajaran sangat singkat, feedback langsung diberikan pada tiap aksi
sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat. Kekurangan :
Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas pada sistem komputer,
cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi atau objek.
Menu
selection – pilihan berbentuk menu : Memilih perintah dari daftar yang
disediakan. Misalnya saat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki.
Kelebihan : tidak perlu ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah.
Kekurangan : Tidak ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat oleh expert dibanding command language.
Kelebihan : tidak perlu ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah.
Kekurangan : Tidak ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat oleh expert dibanding command language.
Form fill-in
– pengisian form : Mengisi area-area pada form. Contoh : Stock control.
Kelebihan : Masukan data yang sederhana. Mudah dipelajari Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di layar. Harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan.
Kelebihan : Masukan data yang sederhana. Mudah dipelajari Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di layar. Harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan.
Command
language – perintah tertulis : Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada
program. Contoh: operating system. Kelebihan : Perintah diketikan langsung pada
system. Misal UNIX, DOS command. Bisa diterapkan pada terminal yang
murah.Kombinasi perintah bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama file.
Kekurangan : Perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya, tidak cocok untuk biasa. Kesalahan pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan mengetik perlu.
Kekurangan : Perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya, tidak cocok untuk biasa. Kesalahan pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan mengetik perlu.
Natural
language – perintah dengan bahasa alami : Menggunakan bahasa alami untuk
mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet.
Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat), misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan kata-kata.
Kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikan.
Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat), misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan kata-kata.
Kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikan.
c. Tipe-tipe
user interface
• User
interface bahasa alamiah
• User
interface pertanyaan & jawaban
• User
interface menu-menu
• User
interface formulir isian
• User
interface bahasa perintah
• User
interface GUI
(Graphical User Interface)
• User
interface pada web, dll.
Tujuan Antar
Muka (interface) Pengguna
Menyesuaikan
antar muka pengguna dgn tugas.
• Membuat
antar muka pengguna menjadi efesien.
• Memberikan
arus balik yang tepat kepada pengguna.
• Memunculkan
pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan.
• Memperbaiki
produktivitas dari pengetahuan pegawai
User
Interface Bahasa Alamiah
• Ideal
bagi user yang tidak berpengalaman, karena interface menggunakan bahasa
sehari-hari
• Adanya
perbedaan bahasa antara komputer & manusia sehingga diperlukan penerjemah
yang mampu menerjemahkan 2 arah.
User
interface menu-menu
• Menyediakan
daftar pilihan dalam jumlah yang terbatas yang biasanya berupa suatu kalimat
atau kumpulan beberapa kata sehingga pengguna dapat menetukan pilihannya
• Jenis
berdasarkan teknik penampilan pilihan-pilihannya
– sistem
menu datar
» menampilkan
semua pilihan secara lengkap
– sistem
menu tarik
» menampilkan
daftar pilihan dalam kelompok-kelompok tertentu
d. Tipe
Interaksi
Pemilihan
tipe interaksi yang tepat dapat memberikan efek yang baik terhadap dialog
antara user dengan komputer. Terdapat beberapa tipe interaksi yang umum
digunakan, yaitu :
1. Command
Line Interface (CLI)
Merupakan
bentuk dialog interaktif yang pertama digunakan dan masih dipakai hingga saat
ini. Dengan CLI, user memberikan instruksi secara langsung kepada komputer
menggunakan tombol fungsi, karakter tunggal, command dalam bentuk singkat
maupun panjang. CLI memungkinkan user mengakses dengan cepat fungsi sistem dan
beberapa tools.
2. Menu
Pada
menu-driven interface , sekumpulan opsi / pilihan yang tersedia bagi user
ditampilkan pada layar dan dapat dipilh dengan menggunakan mouse atau tombol
numerik maupun alfabetik. Pilihan pada menu harus merepresentasikan arti dan
dikelompokkan berdasarkan suatu kategori agar mudah dikenali dan memudahkan
user memilih sesuai dengan tugas yang akan dilaksanakan.
3. Natural
language
Mungkin
merupakan mekanisme komunikasi yang atraktif. Umumnya, komputer tidak dapat
mengerti instruksi yang dituliskan dalam bahasa sehari-hari. Natural language
dapat mengerti input tertulis (written input) dan suara (speech input). Namun
masih ada kekurangan dalam hal ambiguity (kerancuan) pada aspek sintaks dan
semantik.
4. Q/A &
query dialogue
Merupakan
mekanisme sederhana untuk input pada beberapa aplikasi. User
diberikan serangkaian pertanyaan umumnya dalam bentuk jawaban ya/tidak
(Y/N), pilihan
ganda atau
dalam bentuk kode, dan dibimbing tahap demi tahap selama proses
interaksi.
Interface ini mudah dipelajari namun terbatas fungsinya.
5.
Form-fills and spreadsheet
Form-fill utamanya
digunakan untuk aplikasi pemasukan (data entry) dan pencarian (data retrieval)
data. Bentuk form-fill adalah berupa display yang menyerupai selembar kertas
dengan beberapa slot / field untuk diisi. Spreadsheet adalah variasi dari
form-fill. Spreadsheet terdiri dari sel yang dapat berisi nilai atau formula.
6. WIMP
interface (Windows, Icons, Menu, Pointers)
WIMP
merupakan default interface untuk sebagian besar sistem komputer interaktif
yang digunakan saat ini terutama pada PC dan desktop workstation.
Window
merupakan area layar yang berprilaku seperti terminal
independent dan berisi grafik atau teks yang dapat dipindahkan dan idiubah
ukurannya. Satu layar dapat terdiri dari lebih 1 window yang memungkinkan lebih
dari satu tugas aktif pada saat yang sama. Icon merupakan sebuah gambar kecil
yang digunakan untuk merepresentasikan windows yang sedang berada dalam keadaan
tertutup (closed). Window dapat diaktifkan / diperbesar dengan meng-klik icon
yang bersangkutan, dan sebaliknya jika user tidak menggunakan / mengerjakan
tugas pada satu window tertentu maka dia dapat menon-aktifkan window menjadi
icon yang disebut sebagai iconifying . Menu adalah tehnik interaksi yang umum
digunakan bahkan oleh sistem non-window sekalipun. Menu menampilkan pilihan
operasi atau layanan yang diberikan / tersedia oleh sistem. User dapat
memperoleh petunjuk mengenai operasi apa saja pada sistem melalui menu. Oleh
karena itu penamaan pad amenu haruslah memiliki arti dan informatif. Pointer
merupakan komponen yang penting dalam sistem WIMP karena interaksi pada sistem
ini memerlukan aktifitas menunjuk (pointing) dan memilih (selecting). User
diberikan cursor pada layar yang dapat dikendalikan oleh peralatan input
seperti mouse, joystick, ataupun trackball.
Kesimpulan :
Jadi Interface merupakan salah satu media yang digunakan
komputer untuk berkomunikasi dengan manusia. interface di komputer dikenal
dengan GUI (Graphical User Interface). Dan dalam interaksi manusia dengan
Komputer, Pemilihan tipe interaksi yang tepat sangat diperlukan karena dapat
memberikan efek yang baik terhadap dialog antara user dengan komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar