INTERAKSI
MANUSIA & KOMPUTER
IMK atau yang
disebut dengan Interaksi Manusia & Komputer mempunyai beberapa definisi
atau pengertia. Yang salah satunya IMK itu merupakan sekumpulan proses, dialog,
serta kegiatan yang dimana pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan
komputer. Ada juga definisi atau pengertian dari IMK itu sendiri merupakan suatu
disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi
dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan
fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri.
·
Model
atau jenis interaksi
Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang
terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia
(user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran.Manusia jarang
sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia baru menyadari
proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi
pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif,
kurang menarik, kurang komunikatif.
Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan
komputer.
Model atau jenis interaksi, antara lain :
1. Command line interface (perintah baris tunggal)
contoh : unix, linux, dos
2. Menu (menu datar dan menu tarik)
contoh : hampir semua software menggunakan menu
3. Natural language (bahasa alami)
contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)
4. Question/answer and query dialogue
contoh : mysql, dbase interaktif, dll
5. Form-fills and spreadsheets
contoh : excel, lotus, dll
6. WIMP
- Windows Icon Menu Pointer
- Windows Icon Mouse Pulldown Menu
yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll.
Model atau jenis interaksi, antara lain :
1. Command line interface (perintah baris tunggal)
contoh : unix, linux, dos
2. Menu (menu datar dan menu tarik)
contoh : hampir semua software menggunakan menu
3. Natural language (bahasa alami)
contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)
4. Question/answer and query dialogue
contoh : mysql, dbase interaktif, dll
5. Form-fills and spreadsheets
contoh : excel, lotus, dll
6. WIMP
- Windows Icon Menu Pointer
- Windows Icon Mouse Pulldown Menu
yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll.
·
Perkembangan
Interaksi Manusia & Komputer
Perkembangan interaksi manusia &
komputer telah berkembang dalam berbagai bidang, di antaranya dalam bidang
graphic, bidang animasi, bidang news media, dll.
1. Perkembangan Interaksi Manusia
& Komputer Dalam Bidang Graphic
Konteks multimedia digunakan untuk
sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer. Pada saat ini,
pengaruh media sangat penting dalam interaksi manusia dan komputer. Dengan
adanya multimedia tampilan dari sebuah interkasi menjadi lebih menarik dan juga
lebih mudah di mengerti oleh pengguna.
Pada
saat ini anak kecil berumur 3-4 tahun suda bisa memainkan sebuah game dengan
menggunakan komputer dikarenakan banyaknya multimedia di dalamnya, seperti
suara, gambar, teks, gambar, dll.
2. Perkembangan Interaksi Manusia
& Komputer Dalam Bidang Animasi
Pada saat ini animasi di indonesia telah berkembang
sesuai kebutuhan para penggunanya. Kebutuhan animasi untuk kepentingan kebutuhan iklan sudah
cukup terpenuhi. Demikian juga kebutuhan animasi untuk kebutuhan trik dalam
film live juga sudah terpenuhi. Bahkan untuk kebutuhan film live
mancanegara pun trik melalui animasinya dilakukan oleh animator Indonesia. Film
animasi asing, termasuk yang sedang beredar di Indonesia, juga dibuat oleh
animator Indonesia. Beberapa animator Indonesia bekerja untuk membuat film
animasi negara lain.
Keterampilan membuat
animasi diperlukan juga untuk membuat game, baik game on line yang
biasanya berjenjang dan berkesinambungan yang sering membuat kecanduan
pemainnya tetapi mendatangkan uang yang banyak bagi penciptanya, maupun arcade
(game pendek dan instan). Usaha kreatif lainnya yang lahir dari animasi adalah
show di antara komunitas tertentu yang menampilkan karakter animasi lengkap
dengan kostum dalam film animasi (cost-play).
3. Perkembangan Interaksi Manusia
& Komputer Dalam Bidang News Media
News media merupakan arti dari dari
sebuah media baru, media baru ini merupakan sebuah
wadah dari perkembangan ilmu teknologi yang secara tidak langsung telah
mempengaruhi budaya dan cara pendidikan di lingkungan masyarakat. Saat ini
banyak sekali media-media seperti media cetak maupun media elektronik.
Perkembangan media ini pun memiliki sejarah yang cukup pankang dari mulai dari
mulut dan sampai langsung dari pusat sampai ke kita itu berkat dari media-media
baru yang bermunculan.
Pada media
elektronik pada zaman dimana belum adanya televisi semua orang mendapatkan
berita-berita secara langsung melalui radio dan setelah adanya televisi
masyarakan mulai meninggalkan radio dan pada zaman modern ini mulai berkembang
dengan cepat adalah internet yaitu jaringan antar komputer yang mempunyai
hubungan langasung satu komputer ke komputer lain di dunia yang mempunya alamat
internet masing-masing yang dinamai web.
·
Kesimpulan
Untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe),
artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk
mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility),
ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya
(eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras
dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik
itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan
Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut
mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok.
Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat
meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.
referensi : - http://wahiedkarateskci.blogspot.com/2014/03/makalah-interaksi-manusia-dan-komputer.html
- dan berbagai sumber.