Rabu, 11 Maret 2015

INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER



INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER

IMK atau yang disebut dengan Interaksi Manusia & Komputer mempunyai beberapa definisi atau pengertia. Yang salah satunya IMK itu merupakan sekumpulan proses, dialog, serta kegiatan yang dimana pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer. Ada juga definisi atau pengertian dari IMK itu sendiri merupakan suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri.

·        Model atau jenis interaksi
Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran.Manusia jarang sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia baru menyadari proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif, kurang menarik, kurang komunikatif.

Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer.
           Model atau jenis interaksi, antara lain :
              1. Command line interface (perintah baris tunggal)
                  contoh : unix, linux, dos
             2. Menu (menu datar dan menu tarik)
                  contoh : hampir semua software menggunakan menu
             3. Natural language (bahasa alami)
                 contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)
             4. Question/answer and query dialogue
                 contoh : mysql, dbase interaktif, dll
             5. Form-fills and spreadsheets
                 contoh : excel, lotus, dll
             6. WIMP
              - Windows Icon Menu Pointer
            - Windows Icon Mouse Pulldown Menu
            yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll.

·        Perkembangan Interaksi Manusia & Komputer
Perkembangan interaksi manusia & komputer telah berkembang dalam berbagai bidang, di antaranya dalam bidang graphic, bidang animasi, bidang news media, dll.

1.     Perkembangan Interaksi Manusia & Komputer Dalam Bidang Graphic
Konteks multimedia digunakan untuk sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer. Pada saat ini, pengaruh media sangat penting dalam interaksi manusia dan komputer. Dengan adanya multimedia tampilan dari sebuah interkasi menjadi lebih menarik dan juga lebih mudah di mengerti oleh pengguna.
Pada saat ini anak kecil berumur 3-4 tahun suda bisa memainkan sebuah game dengan menggunakan komputer dikarenakan banyaknya multimedia di dalamnya, seperti suara, gambar, teks, gambar, dll.

2.     Perkembangan Interaksi Manusia & Komputer Dalam Bidang Animasi
Pada saat ini animasi di indonesia telah berkembang sesuai kebutuhan para penggunanya. Kebutuhan animasi untuk kepentingan kebutuhan iklan sudah cukup terpenuhi. Demikian juga kebutuhan animasi untuk kebutuhan trik dalam film live juga sudah terpenuhi. Bahkan untuk kebutuhan film live mancanegara pun trik melalui animasinya dilakukan oleh animator Indonesia. Film animasi asing, termasuk yang sedang beredar di Indonesia, juga dibuat oleh animator Indonesia. Beberapa animator Indonesia bekerja untuk membuat film animasi negara lain.
Keterampilan membuat animasi diperlukan juga untuk membuat game, baik game on line yang biasanya berjenjang dan berkesinambungan yang sering membuat kecanduan pemainnya tetapi mendatangkan uang yang banyak bagi penciptanya, maupun arcade (game pendek dan instan). Usaha kreatif lainnya yang lahir dari animasi adalah show di antara komunitas tertentu yang menampilkan karakter animasi lengkap dengan kostum dalam film animasi (cost-play).


3.     Perkembangan Interaksi Manusia & Komputer Dalam Bidang News Media
News media merupakan arti dari dari sebuah media baru, media baru ini merupakan sebuah wadah dari perkembangan ilmu teknologi yang secara tidak langsung telah mempengaruhi budaya dan cara pendidikan di lingkungan masyarakat. Saat ini banyak sekali media-media seperti media cetak maupun media elektronik. Perkembangan media ini pun memiliki sejarah yang cukup pankang dari mulai dari mulut dan sampai langsung dari pusat sampai ke kita itu berkat dari media-media baru yang bermunculan.
Pada media elektronik pada zaman dimana belum adanya televisi semua orang mendapatkan berita-berita secara langsung melalui radio dan setelah adanya televisi masyarakan mulai meninggalkan radio dan pada zaman modern ini mulai berkembang dengan cepat adalah internet yaitu jaringan antar komputer yang mempunyai hubungan langasung satu komputer ke komputer lain di dunia yang mempunya alamat internet masing-masing yang dinamai web.


·        Kesimpulan
Untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.

referensi : - http://wahiedkarateskci.blogspot.com/2014/03/makalah-interaksi-manusia-dan-komputer.html 
- dan berbagai sumber.

Pengikut