«
Definisi manajemen resiko
Manajemen risiko adalah suatu pendekatanterstruktur/
metodologi dalam mengelola
ketidakpastian
yang berkaitan dengan ancamansuatu rangkaian aktivitas manusia termasuk:
Penilaian
risiko , pengembangan strategi untukmengelolanya dan mitigasi risikodengan
menggunakan pemberdayaan/pengelolasumberdaya. Strategi yang dapat diambil
antaralain adalah memindahkan risiko kepada pihaklain, menghindari risiko,
mengurangi efek negatifrisiko, dan menampung sebagian atau semuakonsekuensi risiko
tertentu. Manajemen risikotradisional terfokus pada risiko-risiko yangtimbul
oleh penyebab fisik atau legal (sepertibencana alam atau kebakaran, kematian,
serta
tuntutan
hukum. Manajemen risiko keuangan, disisi lain, terfokus pada risiko yang dapat
dikeloladengan menggunakan instrumen-instrumenkeuangan.
Sasaran dari pelaksanaan manajemen risikoadalah untuk
mengurangi risiko yang berbeda-beda yang berkaitan dengan bidang yang
telahdipilih pada tingkat yang dapat diterima olehmasyarakat. Hal ini dapat
berupa berbagai jenisancaman yang disebabkan oleh lingkungan ,teknologi ,
manusia, organisasi dan politik. Di sisilain pelaksanaan manajemen risiko
melibatkansegala cara yang tersedia bagi manusia,khususnya, bagi entitas
manajemen risiko (manusia, staff, dan organisasi).
Dalam perkembangannya Risiko-risiko yangdibahas dalam
manajemen risiko dapatdiklasifikasi menjadi :
·
Risiko Operasional
·
Risiko Hazard
·
Risiko Finansial
·
Risiko Strategik
·
Hal ini menimbulkan ide untuk menerapkanpelaksanaan
Manajemen Risiko TerintegrasiKorporasi (Enterprise Risk Management ).Manajemen
Risiko dimulai dari prosesidentifikasi risiko, penilaian
risiko,mitigasi,monitoring dan evaluasi.
meminimalisir masalah jika salah satuanggota (tim proyek) keluar ataumengundurkandiri
Kita harus
menggantikan salah satu orangyang telah keluar tersebut dengan cara
secarabergilir. Karena kita bekerja dalam satu tim, makakita juga harus
menggantikan secara bergilir posisiorang yang telah keluar itu.Jangan sampai
dalam satu tim tidak mengerjakanpekerjaan orang yang telah keluar tersebut.
Apabilatidak dikerjakan maka pekerjaan tersebut akanterbengkalai atau tidak
terselesaikan sama sekali.Jadi intinya kita harus tetap mengerjakanpekerjaan
dalam satu tim tersebut dan secarabergilir mengerjakan pekerjaan itu walaupun
ada 1orang yang telah keluar.Namun apabila lebih baik lagi kalau posisi
orangyang telah keluar itu cepat tergantikan, maka kitajuga harus cepat mencari
pengganti orang yangkeluar itu. Dan sudah dijelaskan di awal bahwauntuk
sementara kita secara bergilir menggantikanposisi orang tersebut.
Referensi
·
id.m.wikipedia.org/wiki/Manajemen_risiko
·
http://adi-21.blogspot.com/2012/10/manajemen-
resiko.html