Kamis, 12 Maret 2015

PRINSIP USABILITY



PRINSIP USABILITY

Dalam interaksi manusia dan komputer terdapat prinsip usability yang merupakan bagian penting yang harus terpenuhi dalam perancangan sebuah sistem. Prinsip usability sendiri merupakan suatu masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna. Sistem akan bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem dapat termanfaatkan secara maksimal. Contohnya dalam teknologi yaitu jika seorang user atau pemakai komputer dia menggunakan perangkat lunak user tersebut dengan tidak sadar telah mempelajari kemampuan suatu kinerja perangkat tersebut bahwa dalam perangkat lunak tersebut terdapat sistem yang bekerja dengan fungsi tertentu. sehingga interaksi pengguna dengan seperangkat komputer bisa di hubungkan dan saling mengenal.

Hal-hal yang perlu diperhatikan di dalam Prinsip Usability, di antaranya :
1.     Human Ability
Human Ability merupakan suatu kemampuan manusia dalam melakukan sesuatu yang dimilikinya. Terdapat 2 perbedaan pada human ability yaitu, human ability baik dan human ability buruk.
·        Human Ability Baik
-         Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
-         Kemampuan memahami tinggi
-         Durasi LTM tidak terbatas dan komplex.
-         Mekanisme konsentrasi powerful

·        Human Ability Buruk
-         Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
-         Prosesnya lambat
-         Durasi STM yang lambat
-         Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM

2.     Human Capabilities
Pengertiannya hampir sama dengan Human Ability tetapi Human Capabilities lebih mengarah ke anggota Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba) pada manusia itu sendiri.
User perlu mengetahui hal-hal berikut dalam merancang :
-         Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba)
-         Proses informasi

A.   Mata (penglihatan)
Mata merupakan mekanisme untuk menerima cahaya dan mentransformasikannya menjadi energi listrik. Penglihatan manusia merupakan hal yang kompleks dengan batasan fisik dan persepsi dan menjadi sumber utama informasi.
Konsep penglihatan pada manusia terdiri dari dua tahap yaitu
-Penerimaan stimulus dari luar secara fisik
-Pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut
a.     Kemampuan Penglihatan
·        Sensivitas
Luminance : jumlah cahaya yang dipantulkan oleh permukaan
objek, dengan ukuran 10-6 – 107 mL

·        Ketajaman
Visual acuity : kemampuan manusia melihat objek secara detail
Sudut pandang (visual angle) : besarnya ruang pandang yang
digunakan objek derajat (degree) / minutes of arc
1 derajat = 60 minutes of arc

·        Pergerakan
Pola visual dari kata direkam
di-dekoding menurut representasi bahasa pemrosesan bahasa meliputi analisis sintaks dan semantik terhadap frase dan kalimat
Mata bergerak terhadap teks regression

·        Kemampuan membaca akan berkurang atau menurun karena usia.
b.  Warna
·         Warna dikaitkan dengan hue, intensitas, dan saturation
·         Hue  panjang gelombang spektrum cahaya
·        Intensitas  brightness dari warna
·         Saturation  jumlah / kadar putih (whiteness) dalam warna
·        Masalah  persepsi  warna  pada  cones  (sel  pada  selaput  retina
      yang sensitif terhadap warna) dan ganglion (simpul syaraf)
380 (blue) ~ 770nm (red)
·        Radiasi  dalam  spektrum  (panjang  gelombang  cahaya)  adalah
     400  700 nm

B.   Pendengaran
·    Dapat   mendengar   objek   apa   saja   yang   ada   di   sekitar   dan
memperkirakan kemana objek tersebut akan berpindah
Pemrosesan suara
·        Suara memiliki beberapa karakteristik, yaitu :
    -  Pitch : frekuensi suara (20  20.000 HZ)
    -  Loudness : amplitudo suara (30  100dB)
    -  Timbre : tipe atau jenis suara
·   Sistem auditory  melakukan filtering  suara  kita  mengabaikan
suara background dan berkonsentrasi pada informasi yang penting

 
PERABA (TOUCH)
·        Manusia  menerima  stimuli  melalui  kulit.  Kulit  memiliki  tiga  jenis
sensor penerima (sensory receptor), yaitu :
Thermoceptor - merespon panas / dingin
 Nociceptor  - merespon pada tekanan yang intens, rasa sakit
 Mechanoceptor - merespon pada tekanan IMK
· Keyboard bisa dikaitkan dengan  posisi-posisi bentuk  tombol,  juga
pengoperasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau
malah terlalu ringan.

PROSES INFORMASI
Proses informasi pada manusia terdiri dari 3 sistem utama :

1.  Perseptual
  - Menangani sensor dari luar
  - Sebagai  buffer  untuk  menampung  masukkan  yang  diterima  dari
  indera manusia
-  Diproses (diterima) untuk diteruskan ke otak (memori)

2.  Kognitif : memproses hubungan keduanya

3.  Sistem  Motor  :  mengontrol  aksi  /  respon  (pergerakan,  kecepatan,
     kekuatan)
Kesimpulan
Usability dalam interaksi manusia dan komputer merupakan bagian penting yang harus terpenuhi dalam perancangan sebuah sistem. Prinsip Usability adalah prinsip ( bakat , kemampuaan, ketangkasan ) yang dapat di pergunakan dalam pembelajaran,perusahaan dan dalam diri manusia sendiri. contohnya dalam teknologi yaitu jika seorang user atau pemakai komputer dia menggunakan perangkat lunak user tersebut dengan tidak sadar telah mempelajari kemampuan suatu kinerja perangkat tersebut bahwa dalam perangkat lunak tersebut terdapat sistem yang bekerja dengan fungsi tertetu.

Referensi :

Pengikut